PENGARUH CUSTOMER BEHAVIOR TERHADAP E-COMMERCE DAN PASAR MODERN DI MEDAN TUNTUNGAN

Eni Duwita Sigalingging

Abstract


Berbagai macam alternatif pilihan untuk berbelanja telah ada tersedia saat ini dengan perkembangan teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. Belanja dipasar modern dan e-commerce menjadi pilihan bagi konsumen untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh customer behavior terhadap e-commerce dan pasar modern dengan lokasi penelitian di khususkan di Medan Tuntungan Provinsi Sumatera Utara. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kausal kompetitif yaitu dengan menggunakan data primer. Banyaknya populasi yang digunakan dalam menjawab pertanyaan pada penelitian yaitu berjumlah 59 orang. Sedangkan untuk memperoleh data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada responden yang dijadikan objek penelitian. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu Structure Equation Models (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer behavior berpengaruh positif dan signifikan terhadap dengan nilai koefisien sebesar 0,779 dan nilai t-value sebesar 4,262. Artinya, pengaruh customer behavior terhadap e-commerce sebesar 77,9%. Indikator kepercayaan adalah indikator yang paling besar mencerminkan customer behavior. Customer behavior berpengaruh positif dan signifikan terhadap pasar modern dengan nilai koefisien sebesar 0,776 dan nilai t-value sebesar 11,681. Artinya, pengaruh customer behavior terhadap e-commerce sebesar 77,6%.


Keywords


Customer Behavior; E-Commerce; Pasar Modern

References


Achjari, Didi. 2000. Potensi Manfaat Dan Problem Di E-Commerce. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. 15(3): 388 - 395.

Bliemel, Friedhelm, and Philip Kotler. 2001. 10. Aufl., Stuttgart Marketing-Management: Analyse, Planung Und Verwirklichung.

Harahap, Dedy Ansari. 2018. Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia. 9(2):192-207. DOI: doi.org/10.21009/JRMSI.009.2.02.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Kartika, Dewi N, Evita SH, Rudi H. 2010. Analisis Perilaku Konsumen Buah Di Pasar Tradisional Dan Pasar Modern Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. J-Sep. 4(1):24-36.

Maulana, Ade, Yudho G, Yova R, Arfive G. 2019. Requirements for Platform-Based Startup Survival: A Qualitative Exploratory Study.†In 2018 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems, ICACSIS 2018.

Murti, kingkin A, Bambang S. 2014. Identifikasi Faktor-Faktor YangAchjari, Didi. 2000. Potensi Manfaat Dan Problem Di E-Commerce. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. 15(3): 388 - 395.

Bliemel, Friedhelm, and Philip Kotler. 2001. 10. Aufl., Stuttgart Marketing-Management: Analyse, Planung Und Verwirklichung.

Harahap, Dedy Ansari. 2018. Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia. 9(2):192-207. DOI: doi.org/10.21009/JRMSI.009.2.02.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Kartika, Dewi N, Evita SH, Rudi H. 2010. Analisis Perilaku Konsumen Buah Di Pasar Tradisional Dan Pasar Modern Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. J-Sep. 4(1):24-36.

Maulana, Ade, Yudho G, Yova R, Arfive G. 2019. Requirements for Platform-Based Startup Survival: A Qualitative Exploratory Study.†In 2018 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems, ICACSIS 2018.

Murti, kingkin A, Bambang S. 2014. Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Berbelanja Di Toko Modern Dan Pasar Tradisional Di Kabupaten Bantul. Jurnal Bumi Indonesia:1-13.

Schiffman, Leon G, Laslie Lazar Kanuk. 2010. Pearson Education Consumer Behavior 10th Edition.

Silvia, Mohammad A, Tati S. 2013. Perilaku Konsumen Dalam Belanja Elektronik Terhubung. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil). E-331-E-340.

Subianto, Totok. 2007. Studi Tentang Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 3(3), 165-182.

Sutabri, Tata. 2012. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI Konsep Sistem Informasi.

Suyanto, Suyanto, and Mardiono Mardiono. 2017. Strategi Persaingan Bisnis Ritel Tradisional Dan Ritel Modern Di Samarinda Utara. Jurnal Ekonomika : Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan Syari’ah. 5(2):56-64. DOI : 10.24903/je.v5i2.31




DOI: http://dx.doi.org/10.32833/majem.v9i1.109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.